Jurnal Aktualisasi Iptek Trinita http://ait.trinita.ac.id/index.php/ait <p>Jurnal Fakultas Iptek dan Keguruan Universitas Trinita</p> id-ID Mon, 21 Mar 2022 02:48:17 +0000 OJS 3.3.0.10 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGEMBANGAN DAST MUSIK21 SEBAGAI SISTEM INFORMASI PORTAL PUBLIKASI ONLINE LAGU CIPTAAN DI PROVINSI SULAWESI UTARA http://ait.trinita.ac.id/index.php/ait/article/view/9 <p>Seiring dengan berkembang’nya musisi muda di Provinsi Sulawesi Utara terlebih khusus di Kota Bitung, makin banyak juga karya-karya musik di kota Bitung yang tidak bisa di publikasi secara gratis. Karena adanya situs publikasi yang memungkinkan para pengguna user harus melakukan update sistem dari free ke pro dan harus melakukan prabayar dari situs yang di gunakan para user pengguna untuk mempublikasikan karya yang di buat.</p> <p>Berdasarkan hasil wawancara di lapangan pada subjek penelitian, terdapat masalah yang sama dimana kurang’nya penanganan untuk tempat atau wadah publikasi gratis bagi musisi pemula yang baru mulai berkarya di dalam dunia musik.</p> <p>Di dalam permasalahan ini, penelitian dengan judul “Pengembangan Dast Musik21 Sebagai Sistem Informasi Portal Publikasi Online Lagu Ciptaan Di Provinsi Sulawesi Utara ” menyajikan berbagai fasilitas bagi musisi muda di kota bitung. Dengan adanya Sistem Dast Musik21, maka para musisi muda dapat dengan mudah mengakses dan mempublikasikan karya-karya musik dengan mudah tanpa halangan harus melakukan pembayaran ke pro untuk mendapatkan lebih banyak ruang hak<br>akses.</p> <p>Kata kunci: Dast Musik21, Portal, Publikasi, Lagu, Kota Bitung, Sulawesi Utara.</p> SUPRIADI PANGGULU Hak Cipta (c) 2022 SUPRIADI PANGGULU http://ait.trinita.ac.id/index.php/ait/article/view/9 Wed, 09 Nov 2022 00:00:00 +0000 PERANCANGAN SMARTHOME DENGAN KONSEP INTERNET OF THINGS (IoT) BERBASIS SMARTPHONE http://ait.trinita.ac.id/index.php/ait/article/view/16 <p>Abstrak</p> <p>Keamanan sudah menjadi idaman dari setiap masyarakat saat ini, akan tetapi dengan semakin canggih dunia teknologi sekarang ini membuat permintaan akan efisiensi makin meninggi juga. Hal ini menyebabkan beberapa masyarakat mulai mengingini adanya suatu sistem yang dapat membantu mereka berkegiatan sehari-hari yaitu kegiatan dirumah. Konsep Smarthome hadir memberikan jawaban untuk itu. Dengan memanfaatkan internet of things (IoT) dapat membantu masyarakat dalam berkativitas dirumah, hampir semua hal dapat dikontrol hanya dengan menggunakan sebuah smartphone. Dengan merancang sebuah sistem dengan menggunakan&nbsp; modul dari nodeMCU yang memberikan kesempatan untuk dapat mengontrol dari jarak yang dekat maupun jauh sehingga konsep smarthome ini dapat dijalankan. Metode yang digunakan untuk merancang sistem ini menggunkan SDLC.</p> <p>Kata Kunci : Smarthome, IoT, Smartphone, SDLC</p> <p>Abstract</p> <p>Security has become the dream of every society today, but with the increasingly sophisticated world of technology today, the demand for efficiency is also increasing. This has caused some people to start wanting a system that can help them with their daily activities, namely activities at home. The Smarthome concept is here to provide an answer to that. By utilizing the internet of things (IoT) it can help people with activities at home, almost everything can be controlled just by using a smartphone. By designing a system using a module from the nodeMCU which provides the opportunity to be able to control from near or far distances, this smarthome concept can be implemented. The method used to design this system uses SDLC.</p> <p>Keywords : Smarthome, IoT, Smartphone, SDLC</p> Daniel Freski Wangka, Dedi Sorongan, Yongker Baali Hak Cipta (c) 2022 Daniel Freski Wangka, Dedi Sorongan, Yongker Baali http://ait.trinita.ac.id/index.php/ait/article/view/16 Fri, 24 Nov 2023 00:00:00 +0000 SISTEM INFORMASI DESA BANDIL KECAMATAN SIAU TIMUR SELATAN KABUPATEN SIAU TAGULANDANG BIARO http://ait.trinita.ac.id/index.php/ait/article/view/14 <p>ABSTRAK</p> <p>Cara kerja untuk pengolahan informasi kependudukan khususnya desa sampai saat ini masih menggunakan cara kerja manual di mana banyak informasi dan dokumen kependudukan masih berbentuk fisik, yang seharusnya bisa di sederhanakan lagi sehingga catatan kependudukan tidak terlalu banyak. Halhal yang tidak terlalu penting dapat dibatasi agar tidak terjadi penumpukan arsip di kantor desa. Dalam penelitian ini, dirancang sebuah sistem informasi yang dapat mengelolah informasi kependudukan seperti data penduduk, data pindah dan data kematian Sistem informasi ini dimaksudkan untuk mempermudah pegawai kantor desa agar semua semakin efektif dalam menyimpan informasi kependudukan tanpa takut kehilangan.</p> <p>Website ini dapat pakai oleh user dengan masuk menggunakan username dan password yang diberikan oleh Admin. Sistem informasi ini direncanakan menggunakan Metode Waterfall, dengan alur dan interface yang sederhana sehingga perangkat desa dan masyarakat desa lebih mudah untuk menggunakan aplikasi ini, dan output dari Sistem informasi ini adalah untuk mengelolah data penduduk dan pengajuan surat permohonan di Desa Bandil, Kecamatan Siau Timur Selatan, Kabupaten Siau Tagulandang Biaro.</p> <p>Kata kunci : Sistem Informasi, Kependudukan, Website, Metode Waterfall.</p> Setfian Elisa Dumendehe Hak Cipta (c) 2022 Setfian Elisa Dumendehe http://ait.trinita.ac.id/index.php/ait/article/view/14 Wed, 21 Dec 2022 00:00:00 +0000 RANCANG BANGUN APLIKASI PENGARSIPAN BERKAS DIGITAL PADA DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD http://ait.trinita.ac.id/index.php/ait/article/view/12 <p>Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Talaud merupakan salah satu instansi pemerintah yang banyak melayani keperluan masyarakat dan pelayanan kepada pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat yaitu Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Untuk melaksanakan penelitian ini penulis menggunakan metode pengembangan sistem, berbagai macam cara penulis menggunakan untuk mengumpulkan masukan-masukan dari setiap kepentingan demi terbentuknya repositori sistem yang dimaksud. Metode pengembangan ini mengarahkan penelitian mulai dari proses analisis kebutuhan sistem, sistem informasi pemberkasan di nilai cocok untuk memenuhi kebutuhan sistem digital pada lokasi studi kasus.</p> <p>Sistem yang dibuat adalah sistem sederhana yang dapat membantu banyak aspek pekerjaan pada Dinas Perhubungan Kabupaten Talaud. Bahasa pemograman yang digunakan mampu memenuhi sistem kebutuhan sehingga dapat digunakan secara optimal. Saran penulis bagai pengembang atau penulis selanjutnya yang terkait dengan topik yang diangkat adalah, lebih memperhatikan setiap entitas yang akan mempengaruhi sistem untuk ketahap yang lebih baik sehingga semua kebutuhan dapat dicapai dengan nilai yang maksimal.&nbsp;</p> <p>Kata kunci : Berkas Digital,Dinas Perhubungan, Kabupaten Kepulauan Talaud.</p> EKO DENAIS SUDANA Hak Cipta (c) 2022 EKO DENAIS SUDANA http://ait.trinita.ac.id/index.php/ait/article/view/12 Thu, 10 Nov 2022 00:00:00 +0000 PERANCANGAN FILM ANIMASI 3 DIMENSI PROFIL UNIVERSITAS TRINITA http://ait.trinita.ac.id/index.php/ait/article/view/10 <p>Pada Zaman ini, begitu pesatnya Perkembangan Teknologi yang mencakup berbagai bidang, salah satunya Bidang Media Elektronik, Media Elektronik sering digunakan dengan fungsi dan Tujuan yang berbeda-beda, bukan hanya sebagai hiburan semata, melainkan Media Elektronik dapat dimanfaatkan dalam proses penyampaian Informasi, yang dimana Informasi dalam bentuk Media Elektronik dapat diperoleh secara bebas dan mudah di akses oleh siapa saja. Salah satu sumber Media Informasi yang diminati dan dijadikan Media Favorit oleh banyak kalangan adalah Media Informasi berbasis Animasi, karena dengan Animasi, suatu topik dengan penjelasan yang rumit, bisa di buat menjadi sederhana, sehingga isi dari informasi yang diterima mudah dimengerti.</p> <p>Universitas Trinita merupakan Universitas yang baru berdiri dan disahkan pada Tahun 2019, Universitas Trinita adalah penggabungan dari Perguruan tinggi swasta Akademi Kebidanan Trinita, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Trinita dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Trinita yang berada dibawah naungan Yayasan Prisma Sulawesi Utara. Berbagai macam cara dilakukan untuk memperkenalkan Kampus ke Masyarakat, dengan belum tersedianya salah satu cara penyampaian informasi dalam bentuk Media yang mengadopsi era digital yang semakin berkembang ini, penulis menyajikan Media Informasi berbasis Film Animasi 3 Dimensi untuk memberikan Alternatif tambahan bagi Universitas Trinita dalam proses penyampaian informasi, yang didalamnya mencakup info yang berisikan tentang Fakultas dan Program Studi apa saja yang terdapat pada Kampus Universitas Trinita, beserta penjelasan mengenai Lokasi, dan Fasilitas yang ada. oleh karena itu, penelitian ini berhasil menampilkan objek bangunan, ruangan, objek outdoor dan indoor dalam bentuk Film Animasi 3 Dimensi. Dalam proses pembuatannya, dilalui beberapa tahapan pembuatan Animasi 3 Dimensi yaitu diawali dengan Pra-produksi, Produksi, hingga Pasca Produksi.</p> <p>Kata kunci— Film, Animasi 3 Dimensi, Media Informasi, Universitas Trinita.</p> RIGKSY DANIEL KAWENGIAN Hak Cipta (c) 2022 RIGKSY DANIEL KAWENGIAN http://ait.trinita.ac.id/index.php/ait/article/view/10 Wed, 09 Nov 2022 00:00:00 +0000 IMPLEMENTASI SKALA KECEMASAN SOSIAL UNTUK PENGGUNA MEDIA SOSIAL BERUSIA REMAJA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN MOLAS KECAMATAN BUNAKEN KOTA MANADO http://ait.trinita.ac.id/index.php/ait/article/view/17 <p>Abstrak</p> <p>Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dimana analisis datanya diproses dengan menggunakan statistik dengan dibantu aplikasi pengolahan data yaitu SPSS 25, populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh remaja dari lingkungan I – V di Kelurahan Molas Kecamatan Bunaken dengan jumlah 228 remaja. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu kuesioner, observasi, wawancara, studi pustaka analisa data menggunakan analisis regulasi linier berganda. Diperoleh nilai Sig 0,473 &gt; 0,05 maka H0 diterima sehingga dapat disimpulkan&nbsp; bahwa tidak ada perbedaan kecemasan sosial pengguna media sosial berusia remaja berdasarkan variabel faktor umur. Artinya hasil penelitian menemukan bahwa tidak ada perbedaan kecemasan sosial pengguna media sosial berusia remaja berdasarkan variabel faktor umur. Diperoleh nilai Sig 0,418 &gt; 0,05 maka H0 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan kecemasan sosial pengguna media sosial berusia remaja berdasarkan variabel faktor jenis kelamin, artinya hasil peneliti menemukan bahwa tidak ada perbedaan kecemasan sosial pengguna media sosial berusia remaja berdasarkan variabel jenis kelamin. Diperoleh nilai Sig 0,222 &gt; 0,05 maka H0 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada interaksi antara variabel faktor umur dan jenis kelamin terhadap kecemasan sosial pengguna media sosial berusia remaja di Kelurahan Molas Kecamatan Bunaken Kota Manado artinya hasil penelitian menemukan bahwa tidak ada interaksi antara variabel faktor pengguna media sosial berusia remaja di Kelurahan Molas Kecamatan Bunaken Kota Manado.<br>Kata Kunci : Kecemasan Sosial, Remaja, Manado, Sosial Media</p> <p>&nbsp;</p> <p>Abstract</p> <p>This research uses a quantitative research method where data analysis is processed using statistics with the help of a data processing application, namely SPSS 25, the population taken in this research are all teenagers from neighborhoods I – V in Molas Village, Bunaken District with a total of 228 teenagers. The data collection methods used by researchers are questionnaires, observation, interviews, literature study, data analysis using multiple linear regulatory analysis. The Sig value obtained is 0.473 &gt; 0.05, so H0 is accepted so it can be concluded that there is no difference in the social anxiety of teenage social media users based on the age factor variable. This means that the research results found that there was no difference in the social anxiety of teenage social media users based on the age factor variable. The Sig value obtained is 0.418 &gt; 0.05, so H0 is accepted, so it can be concluded that there is no difference in the social anxiety of teenage social media users based on the gender factor variable, meaning that the results of the researchers found that there is no difference in the social anxiety of teenage social media users based on the type variable. sex. The Sig value obtained is 0.222 &gt; 0.05, so H0 is accepted so it can be concluded that there is no interaction between the variables age and gender on the social anxiety of teenage social media users in Molas Village, Bunaken District, Manado City, meaning the research results found that there is no interaction between the variables. Factors of teenage social media users in Molas Village, Bunaken District, Manado City.</p> <p>Keywords : Social Anxiety, Teenagers, Manado, Social Media</p> Yulinda Wangkanusa, Yongker Baali, Steefra D. Mangkay Hak Cipta (c) 2022 Yulinda Wangkanusa, Yongker Baali, Steefra D. Mangkay http://ait.trinita.ac.id/index.php/ait/article/view/17 Fri, 24 Nov 2023 00:00:00 +0000 RANCANG BANGUN APLIKASI PENJUALAN ALAT DAN BAHAN BANGUNAN BERBASIS ANDROID PADA TOKO SURYA http://ait.trinita.ac.id/index.php/ait/article/view/8 <p>Toko Surya Berlokasi di Lirung kec.lirung, Kabupaten Talaud merupakan Toko yang bergerak dibidang penjualan . Sistem yang sedang berjalan Di Toko menggunakan sistem manual dalam proses pengolahan data terdapat banyak kendala dalam melakukan pengolahan data penjualan seperti proses pengolahan data mencatat ke dalam pembukuan sehingga sering mengalami masalah seperti pada saat melakukan pembukuan atau pengecekkan data penjualan yang terlalu lama dan masalah pencatatan stok penjualan. Hal ini mengakibatkan kesulitan dalam mencari informasi pengolahan data penjualan.</p> <p>Setelah mengetahui permasalahan yang ada maka dirancang sebuah aplikasi penjualan dan pembelian Online Berbasis android. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi penjualan dan pembelian pada Toko Surya berbasis android melakukan penjualan secara terkomputerisasi, mengetahui laporan pembelian dan penjualan, serta membantu pengelolaan data penjualan alat dan Bahan bangunan pada Toko surya.</p> <p>Kata kunci— Toko, Aplikasi, Penjualan , Web,Android</p> <p><br />Abstract<br />Surya Store, located in Lirung, sub-district of Lirung, Talaud Regency, is a store that is engaged in sales. The system that is running in the store uses a manual system in the data processing process, there are many obstacles in processing sales data such as processing data recording into the books so that they often experience problems such as when doing bookkeeping or checking sales data that is too long and problems recording sales stock. . This results in difficulties in finding information on sales data processing.</p> <p>After knowing the existing problems, an androidbased online sales and purchase application was designed. The purpose of this research is to produce a sales and purchase application at the Android-based Surya Store, to make computerized sales, to find out purchase and sales reports, and to help manage sales data for tools and building materials at the Solar Shop.</p> <p><br />Keywords— Store, Application, Sales , Web,Android</p> NOVDI PARASO Hak Cipta (c) 2022 NOVDI PARASO http://ait.trinita.ac.id/index.php/ait/article/view/8 Thu, 03 Nov 2022 00:00:00 +0000 SISTEM INFORMASI LOKASI OBJEK WISATA DI SULAWESI UTARA BERBASIS WEB http://ait.trinita.ac.id/index.php/ait/article/view/15 <p>ABSTRAK</p> <p>Penelitian ini berjudul sistem informasi lokasi objek wisata di Sulawesi utara berbasis web, yang bertujuan untuk mengembangkan dan mengenalkan potensi objek wisata yang terdapat di Sulawesi utara secara luas melalui aplikasi berbasis web. Peneliti menemukan beberapa masalah seperti web khusus objek wisata di Sulawesi utara jumlahkan sedikit, objek wisata jauh dari Ibu kota provinsi, kurangnya media yang memberikan informasi objek wisata di Sulawesi utara. Oleh karena itu peneliti menawarkan solusi yaitu akan melakukan perancangan sistem informasi lokasi objek wisata berbasis web didalamnya terdapat informasi objek wisata berupa text, gambar yang dikemas menarik, mudah diakses, terstruktur dengan baik, dan mudah digunakan. Sistem juga berbasis web online yang telah terindex google sehingga bisa temukan atau diakses dimana saja oleh wisatawan lokal maupun luar daerah.</p> <p>Aplikasi dalam penelitian ini juga dilengkapi peta digital dengan memanfaatkan google maps. Sehingga sistem bisa menampilkan informasi lokasi objek wisata tidak hanya itu sistem juga bisa menampilkan rute perjalanan ke lokasi objek wisata dari titik pengunjung web. Dalam implementasi penulis melakukan beberapa langkah mulai dari langkah pertama analisis kebutuhan sistem seperti bahasa pemrograman PHP, framework codeigniter dan untuk database menggunakan MYSQL sebagai tempat penyimpanan data-data, langkah ke dua tahap perencanaan perancangan sistem, langkah terakhir pengujian sistem blackbox. Dengan demikian dapat diyakini bahwa dengan metode yang digunakan penulis, sistem bisa berjalan sesuai rancangan.</p> <p>Kata Kunci: Sistem Informasi, Web Wisata, PHP, Codeigniter, Google maps</p> Martino Paulus Singal Hak Cipta (c) 2022 Martino Paulus Singal http://ait.trinita.ac.id/index.php/ait/article/view/15 Wed, 21 Dec 2022 00:00:00 +0000 PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITES DI AKADEMI KEPERAWATAN METUARI WAYA MANADO http://ait.trinita.ac.id/index.php/ait/article/view/13 <p>Media pembelajaran menjadi sarana yang sangat penting pada era saat ini, dimana sebagian besar penduduk Indonesia memiliki aktivitas yang berlangsung pada dunia internet khususnya pada bidang pendidikan. Namun kenyataannya begitu banyak tenaga pengajar masih belum maksimal menggunakan media pembelajaran termasuk media pembelajaran berbasis Google Sites. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis Google Sites yang difokuskan di Akademi Keperawatan Metuari Waya Manado. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis Google Sites di Akademi Keperawatan Metuari Waya Manado, selain itu untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap ketertarikan media pembelajaran berbasis Google Sites di Akademi Keperawatan Metuari Waya Manado.</p> <p>Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada tahap implementasi, peneliti membatasi uji coba dalam skala kecil dengan jumlah 19 peserta didik. Hasil dalam penelitian ini memperoleh nilai sebesar 92,7% mahasiswa menyatakan tertarik yang artinya pengembangan media pembelajaran berbasis Google Sites ini layak menjadi bahan atau media pembelajaran.</p> <p>Kata Kunci: Google Sites, Learning Media</p> JOHNY C. LEWAN Hak Cipta (c) 2022 JOHNY C. LEWAN http://ait.trinita.ac.id/index.php/ait/article/view/13 Fri, 11 Nov 2022 00:00:00 +0000 PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA POSYANDU PADA PUSKESMAS SAMBUARA KABUPATEN TALAUD http://ait.trinita.ac.id/index.php/ait/article/view/11 <p>Dalam mendukung pelayanan kesehatan masyarakat peran Posyandu menjadi penting dalam kehidupan masyarakat saat ini. Kegiatan Posyandu selama ini berjalan lancer dikarenakan adanya buku Sistem Informasi Posyandu (SIP) sebagai pedoman pelaksanaan. Akan tetapi karena pencatatan yang masih dilakukan secara manual mengakibatkan proses yang berjalan terasa lambat dan kurang efisien. Dengan adanya penulisan ini diharapkan dapat mempercepat dan mempermudah proses pencatatan dalam kegiatan Posyandu.</p> <p>Alur dari penggunaan aplikasi ini diadopsi dari alur kegiatan yang sudah ada di Posyandu, dimulai pada saat ibu datang ke Posyandu dan mendaftar sebagai ibu hamil, kemudian anak lahir dan didata oleh kader yang sleanjutnya anak melakukan penimbangan setiap bulan sampai usia lima tahun. Data penimbangan anak yang dimasukan ke dalam system meliputi data penimbangan berat dan tinggi badan, vitamin A, imunisasi, dan keluhan kesehata. Selanjutnya adalah pendataan ibu yang akan mengikuti program Keluarga Berencana (KB).</p> <p>Kata kunci: anak, ibu, kesehatan, pencatatan, posyandu</p> JOLI MOLE Hak Cipta (c) 2022 JOLI MOLE http://ait.trinita.ac.id/index.php/ait/article/view/11 Wed, 09 Nov 2022 00:00:00 +0000 RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING KEAMANAN RUMAH MENGGUNAKAN KAMERA DAN SENSOR PIR (PASSIVE INFRARED RECEIVER) BERBASIS SMS GATEWAY http://ait.trinita.ac.id/index.php/ait/article/view/1 <p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;Keamanan merupakan salah satu aspek paling penting bagi kehidupan manusia pada era sekarang, rasa aman merupakan kunci utama agar manusia dapat merasa nyaman dalam kegiatan sehari-hari. Pada era yang modern ini memanfaatkan teknologi menjadi salah satu hal yang sering digunakan untuk membuat manusia merasa aman, terutama dengan rumah tempat kita tinggal yang merupakan salah satu hal paling penting untuk di jaga keamanannya. Dengan membuat sistem keamanan berbasis mikrokontroler Arduino dan memanfaatkan Short Message Service (SMS) Gateway yang memungkinkan sistem untuk memberikan peringatan kepada pemilik rumah saat ada sesuatu yang mencurigakan terjadi, dengan memanfaatkan Sensor PIR (Passive Infrared Receiver) yang akan mendeteksi pergerakan dan akan lamgsung mengirim sinyal pada Buzzer dan Buzzer akan menyala sebagai tanda bahwa ada pergerakan yang terdeteksi, ditambah lagi sistem akan mengirim notifikasi kepada pemilik rumah berupa Short Message Service (SMS) yang akan lebih membantu pemilik rumah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan lebih dini.</p> <p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;Hal-hal diatas merupakan alasan yang melatarbelakangi penulis untuk melakukan penelitian ini, Metode penelitian yang akan digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Dengan penelitian ini diharapkan dapat membuat sistem yang akan membantu kita masyarakat dalam meningkatkan rasa aman terutama dengan tempat yang kita tinggali sehari-hari yaitu keamanan rumah kita.</p> <p>Kata kunci: <strong>sistem monitoring, kemanan rumah, mikrokontroler, SMS gateway,sensor PIR</strong></p> Julvens Wangka, Steefra D. Mangkay Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Aktualisasi Iptek Trinita http://ait.trinita.ac.id/index.php/ait/article/view/1 Mon, 21 Mar 2022 00:00:00 +0000 PERANCANGAN VIDEO ANIMASI COVID-19 SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI ANTI HOAX UNTUK MASYARAKAT HALMAHERA UTARA http://ait.trinita.ac.id/index.php/ait/article/view/2 <p>Kehidupan manusia sangatlah berkaitan dengan ruang lingkup informasi, informasi adalah salah satu hal yang penting dalam kehidupan manusia, bahkan keberlangsungan hidup manusia dapat dipengaruhi oleh informasi, oleh sebab itu sebuah informasi harus disajikan dengan sebaik mungkin sehingga isinya bisa tersampaikan dan bisa dimengerti. Pada zaman yang sudah modern ini dimana ilmu pengetahuan dan teknologi sudah sangat maju informasi begitu mudah diperoleh, informasipun disajikan dengan berbagai macam cara dan melalui berbagai media, tujuannya agar setiap orang dapat menerima setiap informasi dengan cepat dan pesan dari informasi itu bisa tersampaikan dan mudah dimengerti oleh orang yang menerimanya. Salah satu media informasi yang digunakan sekarang ini adalah media informasi berbasis video animasi, video animasi sendiri menggunakan efek visual sehingga membuat sebuah pesan atau informasi yang diberikan lebih cepat dan mudah dimengerti, karena dengan video animasi sebuah hal yang rumit bisa dijelaskan menjadi sederhana.</p> <p>Dari tahun 2019 sampai 2021 Indonesia bahkan dunia sedang mengalami pandemik covid-19 sehingga membuat banyak orang berbondong-bondong untuk mencari informasi tentang covid-19 ini, oleh sebab itu dalam penelitian ini penulis mecoba merancang sebuah media informasi berbasis video animasi untuk membantu masyarakat memahami tentang covid-19 dan juga melalui penelitian ini penulis berharap setiap masyarakat tidak mudah tertipu lagi oleh informasi-informasi palsu yang disebar oknum-oknum tidak bertanggung jawab.</p> Kornele Saldi Sandro Batawi, Steefra D. Mangkay, Yuliana Mose Hak Cipta (c) 2022 Kornele Saldi Sandro Batawi, Steefra D. Mangkay, Yuliana Mose http://ait.trinita.ac.id/index.php/ait/article/view/2 Mon, 21 Mar 2022 00:00:00 +0000