PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITES DI AKADEMI KEPERAWATAN METUARI WAYA MANADO

Penulis

  • JOHNY C. LEWAN Universitas Trinita

Abstrak

Media pembelajaran menjadi sarana yang sangat penting pada era saat ini, dimana sebagian besar penduduk Indonesia memiliki aktivitas yang berlangsung pada dunia internet khususnya pada bidang pendidikan. Namun kenyataannya begitu banyak tenaga pengajar masih belum maksimal menggunakan media pembelajaran termasuk media pembelajaran berbasis Google Sites. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis Google Sites yang difokuskan di Akademi Keperawatan Metuari Waya Manado. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis Google Sites di Akademi Keperawatan Metuari Waya Manado, selain itu untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap ketertarikan media pembelajaran berbasis Google Sites di Akademi Keperawatan Metuari Waya Manado.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada tahap implementasi, peneliti membatasi uji coba dalam skala kecil dengan jumlah 19 peserta didik. Hasil dalam penelitian ini memperoleh nilai sebesar 92,7% mahasiswa menyatakan tertarik yang artinya pengembangan media pembelajaran berbasis Google Sites ini layak menjadi bahan atau media pembelajaran.

Kata Kunci: Google Sites, Learning Media

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-11

Cara Mengutip

LEWAN, J. C. (2022). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITES DI AKADEMI KEPERAWATAN METUARI WAYA MANADO. Jurnal Aktualisasi Iptek Trinita, 1(01). Diambil dari http://ait.trinita.ac.id/index.php/ait/article/view/13